5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif

 Gurukreatif.com– Menjadi orang yang cerdas dan kreatif merupakan dambaan bagi setiap orang. Kepintaran memang berasal dari faktor genetik dari keluarga yang diturunkan. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga ketika seseorang terlahir dari keluarga yang serba keterbatasan (red:miskin) dan tidak memiliki keturunan untuk menjadi orang pintar. Tidak semuanya bergantung dari faktor genetik. Faktor eksternal juga sangat mempengaruhinya.

cerdas

Ciri orang cerdas dan kreatif

 Contoh sederhana mungkin anda kenal tokoh ilmuan Fisika yang paling populer yaitu Sir Isaac Newton. Ilmuan yang terlahir serba keterbatasan dalam kecerdasan (red:bodoh). Saat itu Newton, panggilan familiar yang hingga kini dikenal dengan penemu konsep gaya dalam ilmu fisika. Dulu orang tuanya sampai memponisnya sebagai anak yang bodoh. Dan Newton kecil tidak diperkenankan untuk melanjutkan sekolah karena dianggap anak yang paling bodoh, jika melanjutkan pendidikan maka akan menghabiskan biaya, sehingga orang tuanya memutuskan Newton untuk bekerja di sawah saja tidak perlu kuliah.

 

Sempat dipandang sebelah mata oleh  keluarganya sendiri. Namun, kini Newton menjelma bagaikan ulat yang bermetamorfosis menjadi seekor kupu-kupu cantik nan indah. Yaitu menjadi ilmuan sukses di bidang ilmu Fisika sehingga beliau banyak dikenal, sebagai penemu konsep Gaya dalam ilmu Fisika.

 

Nah, berikut ini kami mencoba mengulas tentang ciri orang yang pintar di dalam kehidupan sehari-hari. Apakah anda termasuk di dalamnya? Silahkan simak penjelasn berikut ini!

 5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif


#1  Memiliki wawasan luas

Jika anda hanya mengetahui atau menguasai tentang apa yang menjadi bidang anda, itu hal yang biasa. Sudah banyak orang yang sepert itu. Biasanya orang yang terlihat pintar apabila dia mengetahui ilmu di luar bidang yang ia pelajari di bangku sekolah ataupun di abngku kuliah. Orang yang cerdas dan pintar akan nampak berbeda dari rekannya yang lain. Artinya dia mempunyai pengetahuan yang lain di atas pengetahuan rata-rata dari temannya.

 

Orang pintar biasanya memmiliki wawasan yang luas, membaca banyak buku, menonton berbagai program televisi yang informatif, dan mengikuti berbagai kursus pendidikan pada waktu luangnya untuk meningkatkan kemampuannya. Dengan kata lain orang yang pintar selalu ingin jadi pembelajar yang haus akan ilmu dan pengetahuan.

 

#2 Tidak banyak omong atau cendrung pendiam

Banyak orang yang mengira, orang pendiam adalah orang yang bodoh. Justru orang pendiam adalah orang yang mempunyai pola pikir dan pandangan yang jauh ke depan. Punya visi dan misi yang jelas dalam hidupnya. Meskipun tidak semua orang yang pendiam itu cerdas dan pintar. Tapi, biasanya orang yang pendiam memiliki prinsip “silent is gold”atau diam itu emas. Orang yang pendiam biasanya akan berbicara ketika memang dibutuhkan. Dia selalu memikirkan apa yang kata-kata yang akan di keluarka dari mulutnya. Karena dia takut salah ucap yang menimbulkan kesalahpahaman dan masalah.

 

#3 Cekatan dan ulet dalam bekerja

Orang pintar biasanya cepat tanggap terhadap permasalahan, dan orang yang pintar berkarakter ulet dalam bekerja maupun belajar, pantang menyerah jika menghadapi kesulitan atau masalah. Dan pandai mencari solusi dan cepat tanggap terhadap permasalahan.

 

#4 Piawai mengatur waktu

Orang pintar sangat piawai dalam mengatur waktu. Meskipun jadwal kegiatannya padat dalam menjalankan rutinitas, dia tidak pernah mengeluh akan kesibukannya. Selalu ada waktu untuk mengerjakan tugas yang lain. Kesibukan bukan menjadi alasan dia untuk tidak bisa berkarya atau berprestasi. Dan biasanya orang yang seperti ini, sangat pandai memanfaatkan waktu yang ada meskipun hanya sedikit.

 

#5  Memiliki ide kreatif

Orang pintar pada umumnya selalu memilki ide-ide kreatif yang brilian. Idenya selalu cemerlang, membuat berbagai kreatifitas dan inovasi baru yang menarik. Dan jarang dilakukan oleh orang-orang disekelilingnya. Orang pintar memang selalu tampak berbeda dari biasanya.

Itulah ulasan tentang ciri orang cerdas dan kreatif. Apakah anda termasuk dari salah satu ciri yang sudah kami jelaskan di atas? Jika ia, maka anda patut bersyukur dan terus meningkatkan kemampuan anda dan memaksimalkan potensi anda agar menjadi pribadi yang sukses dan berguna bagi nusa dan bangsa.

 

Gurukreatif.com
Penulis: 

Posting Terkait "5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif"

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disenangi Murid
Menjadi guru favorit, tentunya menjadi harapan dan
5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
Selain memanfaatkan kardus bekas dalam membuat kerajinan
5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas
Barang bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat
Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya
Gurukreatif.com | Media belajar tidak harus mahal.

Tinggalkan pesan "5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif"