Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya

Gurukreatif.com | Media belajar tidak harus mahal. Jika kita mampu memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar dengan sedikit sentuhan kreatifitas, hasilnya tidak kalah dengan media yang di jual di pasaran. Meskipun tidak sebagus produk yang di jual. Tapi, sedikit tidak sudah menyerupai dan memberikan manfaat dan makna yang mendalam di dalam proses pembelajaran itu sendiri. Saya selalu mengajak siswa untuk berkreasi, mengembangkan bakat, minat, dan kreatifitas mereka. Meskipun itu secara tidak langsung. Contoh sederhananya pada pembuatan miniatur planet ini.

Membuat Miniatur Planet
Dalam pembuatan miniatur planet ini, saya sangat senang melihat antusias siswa yang mau mencoba hal baru, dan semua siswa aktif ikut andil dalam pembuatan miniatur planet ini. Pembuatan miniatur planet ini dengan memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak terpakai menjadi karya seni. Dan yang terpenting adalah sebagai media belajar IPA tentang sistem tata surya. Teknik pembuatan minitaur dengan menggunakan kertas ini sangat familiar dengan sebutan paper mache. Apa itu paper mache? Paper mache merupakan proses pembuatan karya seni yang memanfaatkan kertas sebagai bahan utama pembuatannya.
Di dalam proses pembelajaran, saya selalu mengusung motto :
“Belajar tidak hanya dengan teori namun, bagaimana menerapkan teori dalam bentuk kreasi”.
Sehingga proses belajar lebih berkesan dan bermakna bagi siswa, yang terpenting adalah bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi siswa, ketimbang hanya memberikan teori semata yang membuat materi pelajaran terasa membosankan dan tidak menarik bagi siswa.

Berikut hasil kreatifitas siswa kami tentang pembuatan miniatur planet pada sistem tata surya. Media belajar ini sangat berguna bagi guru IPA untuk mempermudah siswa dalam memahami materi tentang sistem tata surya.

Aneka Kreasi Miniatur Planet pada Sistem Tata Surya

1. Miniatur planet dengan menggunakan stiroform

Untuk model miniatur planet ini kombinasi antara teknik paper mache dengan beralaskan stiroform, dan dipasang berdiri menggunakan kayu penyangga. Sehingga miniatur planet ini terlihat realistis, menyerupai aslinya yang melayang. Dalam pembuatan planet, kita harus membuat kerangka planet dengan menggunakan sebuah balon, untuk ukuran besar balon harus disesuaikan dengan besar kecil dari ukuran planet, agar lebih terkesan realistis. Misalkan planet terbesar adalah Jupiter, jadi jangan sampai ukuran Jupiter lebih kecil dari planet yang lainnya.

Membuat Miniatur Planet
Nama kelompok (dari kiri)
L. Khairul Umami, Winda Agustina, Laela Syahadatina, Lola Amelia, dan Nia Yuningsih.

2. Miniatur planet dengan menggunakan karton/kardus bekas

Untuk model kreasi miniatur planet ini, menggunakan kardus bekas yang dilapisi dengan kertas manila sebagai media tempel. Berbeda dengan model yang pertama yang disusun berdiri. Model yang satu ini lebih mirip poster 3 dimensi. Bola planet ditempel atau diikat menggunakan benang sehingga melekat erat.

Membuat Miniatur Planet
Nama kelompok:
Umaturidi, Azis, Zu’amriqul H, Sumiatul U,B. Meiranti EP. dan Sri Mulyani 
Membuat Miniatur Planet
Nama kelompok :
Kiraena H, Sri Handayani, B. Mar’atus Salehah, Hisbiani, dan Abd. Saleh
Membuat Miniatur Planet
Nama kelompok:
Pahrurrozi, Ridho Firna Fazira, dan Hardian Hadi.

Berikut penjelasan singkat tentang cara pembuatan miniatur planet dengan paper mache.

Alat dan bahan pembuatan miniatur planet :

  1. Kertas koran bekas, atau bisa menggunakan kertas apa saja.
  2. Lem kayu, biasa merk Rajawali
  3. Air secukupnya, sebagai campuran lem
  4. Balon tiup, sebanyak jumlah planet
  5. Cat air
  6. Kuas ukuran kecil
  7. Karton/ kardus bekas/stiroform

Cara pembuatan miniatur planet :

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Campurkan lem kayu dengan air, usahakan jangan sampai terlalu kental. Buat adukan  agak cair. Untuk takarannya kuran lebih 1 untuk lem dan 1/3 untuk lem, agar larutan tidak mengental.
  3. Aduk lem dan air hingga merata
  4. Siapkan balon yang ditiup
  5. Kemudian siapkan kertas koran yang sudah dirobek, dengan ukuran robekan kertas memanjang. Robek pakai tangan saja, jangan pakai gunting. Ini lebih bagus, agar kertas melekat lebih erat.
  6. Kemudian basahai kertas koran dengan campuran lem yang sudah dibuat, dan tempelkan ke permukaan balon hingga tertutup semuanya. Tutup balon hingga minimal 5 lapisan agar lebih kuat.
  7. Jika semua permukaan balon sudah tertutupi, jemurlah di bawah terik matahari, agar cepat kering.
  8. Jika bola kertas sudah kering, keluarkan balon dari bola kertas, dengan menusuknya menggunakan jarum, agar mudah keluar.
  9. Sekarang saatnya pemberian warna pada planet, lukislah menyerupai bentuk dan warna aslinya agar terlihat menarik.
  10. Untuk bagian alasnya bisa menggunakan stiroform atau kardus bekas.
  11. Selamat berkreasi. Semoga berhasil ya.
Untuk pembuatan cincin planet, buatlah dengan menggunakan kardus yang digunting membentuk lingkaran dan jangan lupa untuk mewarnainya.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan di atas yang hanya teori tanpa panduan gambar yang jelas. Nanti akan kami buatkan panduan yang lebih lengkap yang disertai dengan gambarnya agar mudah anda mengerti. Kami akan buatkan panduannya di psotingan selanjutnya. Ditunggu update selanjutnya ya.

Itulah hasil kreatifitas siswa kami dalam membuat miniatur planet sebagai media untuk belajar IPA tentang sistem tata surya. Jika anda berminat untuk mencoba membuatnya di rumah silahkan anda baca panduan cara membuat miniatur planet dengan kertas bekas. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa memberkan manfaat buat anda yang sedang mencari cara membuat miniatur planet.

Jika artikel ini menarik, yuk bagikan ke teman-teman di media sosial dengan klik share pada menu facebook di bawah ini. Berbagi itu indah dan mulia lho!

Tags: Media Belajar Sistem Tata Surya

Gurukreatif.com
Penulis: 

Posting Terkait "Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya"

5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
Selain memanfaatkan kardus bekas dalam membuat kerajinan
5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas
Barang bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat
Model Ulangan Harian Kreatif “Boleh Pakai Otak atau Otot”
Gurukreatif.com- Ulangan kreatif merupakan salah satu cara
Membuat Mobil Kreatif dari Botol Bekas
Gurukreatif.com-Kali ini guru kreatif akan membahas tentang

Tinggalkan pesan "Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya"