Pengertian dan Penjelasan Tentang Guru Kreatif

Gurukreatif.com– Menjadi guru yang kreatif merupakan impian dari semua guru. Untuk menjadi guru yang kreatif tidaklah mudah, tidak semua guru memiliki kemauan dan kemampuan untuk berpikir kreatif dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik atau mengajar. Banyak orang yang mampu berpikir kreatif tapi tidak semua orang mau mengeluarkan atau mengekspresikan kreatifitas mereka. Padahal kreatifitas itu sangatlah mahal, punya nilai jual yang tinggi jika anda pandai mengembangkan kreatifitas anda.

Seorang guru yang kreatif, memiliki citra yang baik dan sangat disukai oleh pesertadidik, sehingga kehadirannya di sekolah sangat dinantikan akan kehadirannya di dalam kelas, ketika ia tidak masuk mengajar karena halangan, maka para siswa selalu merasa kehilangan. Implikasinya seorang guru harus memahami konsep kreativitas dan belajar bersikap kreatif agar dapat menhadirkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi pesertadidiknya.

 

Untuk mengetahui definisi dari guru kreatif atau definisi kreativitas, silahkan simak ulasan berikut yang kami ambil dari berbagai sumber refrensi yang relevan :

 

Definisi Kreativitas

Menurut Lumsdaine (1995), kreativitas adalah mempergunakan imajinasi dan berbagai kemungkinan yang diperoleh dari interaksi dengan ide atau gagasan, orang lain dan lingkungan untuk membuat koneksi dan hasil yang baru serta bermakna. Artinya mengembangkan pemikiran alternatif atau kemungkinan dengan berbagai cara sehingga mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dalam interaksi individu dengan lingkungan  sehingga diperoleh cara-cara baru untuk mencapai tujuan yang lebih bermakna.

 

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah kemampuan guru untuk mempergunakan imajinasi dan berbagai kemungkinan yang diperoleh dari interaksi dengan ide atau gagasan, orang lain dan lingkungan untuk membuat koneksi dan hasil yang baru serta bermakna.

 

Pernahkah kita merasa pemikiran kosong atau merasa tidak berdaya karena tidak dapat berbuat apa-apa? Kreativitas merupakan aktivitas dinamis  dalam diri kita yang melibatkan proses mental pada alam sadar maupun di bawah sadar. Pada saat kita mengatakan dalam alam bawah sadar tidak mampu melakukan maka secara sadar kita menjadi tidak mampu melakukan. Sebaliknya pada saat kita menunjukkan kemampuan kita melakukan sesuatu secar sadar maka akan tumbuh keberhargaan diri pada alam bawah sadar dan tertampilkan kembali dalam sikap percaya diri.

 

Kreativitas melibatkan keseluruhan otak. Seorang guru akan bertindak kreatif manakala mempergunakan potensi otak dengan optimal. Mempergunakan kedua belahan otak, otak kiri dan otak kanan.  Otak kiri yang mengatur kemampuan logika dan otak kanan yang mengatur humanistis. Implikasinya setiap persoalan yang datang dilihat tidak hanya dari kacamata logika tetapi berbagai dimensi yang menyertainya. Contoh sederhana, jika seorang siswa bertanya kepada Guru apa guna pensil? Jawaban secara logika adalah alat untuk menulis atau menggambar sesuai dengan fungsi utama. Mari kita menggunakan otak kanan, dengan bentuk dan kondisinya pensil dapat dipergunakan untuk mengganjal jendela, konde rambut ataupun pembatas halaman buku, dsb.

 

Kreativitas mengekspresikan  kualitas solusi penyelesaian masalah. Kunci kreativitas adalah kemampuan menilai permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga menjadi solusi yang lebih baik. Sudut pandang yang berbeda akan menstimulasi beragam ide dan mengembangkan struktur kognitif baru. Contoh seorang anak mungkin dipandang bodoh oleh manakala memperoleh nilai 2 pada saat ulangan Bahasa Indonesia. Pertanyaannya mengapa? akan merujuk pada berbagai kemungkinan kondisi anak.

 

Apakah anak tidak mengalami gangguan fisik yang menghambat penerimaan materi belajar? Apakah anak tidak memiliki alat penunjang belajar? Ada berapa anak yang memperoleh nilai 2? Pada pelajaran lain berapa nilai yang dapat diperoleh? Itu beberapa pertanyaan yang dapat kita ajukan sebagai seorang guru jika kita melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Jawaban berbeda dari beragam pertanyaan akan memberikan gambaran masalah utama yang dihadapi anak, sehingga memfasilitasi kita untuk menetapkan solusi bantuan yang paling mungkin dilakukan secara tepat.

 

Menurut Mamat Supriatna (2006), kreativitas adalah kemampuan cipta, karsa dan karya seseorang untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu dapat ditemukan dengan menghubungkan atau menggabungkan sesuatu yang sudah ada. Kreativitas adalah bakat yang dimiliki oleh setiap orang yang dapat dikembangkan dengan pelatihan dan aplikasi yang tepat. Banyak studi telah dilakukan tentang perilaku kreatif dari para musisi, ilmuwan besar, arsitek, pujangga, dan pelukis. Hasilnya adalah bahwa proses kreativitasnya sama, baik kreativitas itu terpusat pada pemecahan masalah sehari hari, atau penemuan ilmiah tingkat tinggi.

Lakukan berbagai cara yang beragam untuk melakukan suatu aktivitas, refleksi apakah memberi cara yang lebih efektif, efisien, dan produktif? Perhatikan reaksi atau komentar orang lain terhadap penampilan/kinerja/unjuk kerja kita apakah menunjukkkan apresiasi yang positif dan kepuasan? Hal tersebut merupakan indikator sederhana apakah kita kreatif atau tidak.  Jika kita dan orang lain berusaha kreatif maka kita akan lebih kreatif. Mengembangkan perilaku kreatif dimulai dengan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

Demikian penjelasan tentang guru kreatif, semoga artikel ini bisa memberikan  pemahaman tentang definisi guru kreatif atau kreativitas.

Sumber refrensi :

Buku Kompetensi Kepribadian 01 – B3 “Kreativitas”, Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal  Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenagakependidikan Departemen Pendidikan Nasional 200, murihwidodo.blogspot.co.id

 

Tags: Guru Kreatif

Gurukreatif.com
Penulis: 

Posting Terkait "Pengertian dan Penjelasan Tentang Guru Kreatif"

5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Botol Bekas
Selain memanfaatkan kardus bekas dalam membuat kerajinan
5 Ide Kreatif Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas
Barang bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat
Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya
Gurukreatif.com | Media belajar tidak harus mahal.
Model Ulangan Harian Kreatif “Boleh Pakai Otak atau Otot”
Gurukreatif.com- Ulangan kreatif merupakan salah satu cara

Tinggalkan pesan "Pengertian dan Penjelasan Tentang Guru Kreatif"