Tips Mengajar Agar Siswa Tertarik untuk Belajar

Tips Mengajar untuk guru. Seorang guru tidak hanya mampu menjelaskan materi pelajaran dengan baik. Namun, guru juga harus mampu mencuri perhatian siswa agar semua mata siswa tertuju dan lebih fokus untuk mendengarkan dan memperhatikan materi yang sedang dijelaskan oleh guru.
Anda pasti tidak ingin menjadi guru yang dicuekin oleh siswa saat anda mengajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut setidaknya Anda harus mengetahui tips dalam mengajar yang baik, misalkan membaca buku tentang tips mengajar, buku tentang media pembelajaran, metode mengajar yang bisa menunjang peningkatan dalam kompetensi Anda agar menjadi guru yang profesional.
Di saat kelas tak lagi bersahabat, siswa ribut di dalam kelas, siswa sulit dikendalikan, anak bermain dan ngobrol seolah tak ada yang mengontrol. Ini sering dialami bagi guru yang belum berpengalaman atau guru pemula yang kurang memahami bagaimana tips mengajar dan bagaimana mengelola kelas dengan baik.
Untuk mendapatkan pengalaman mengajar, setidaknya Anda harus sering membaca tentang tips menjadi guru, agar bisa menambah pengetahuan anda dalam mengelola kelas yang baik dan terkontrol.

tips-mengajar

Siswa sedang aktif belajar

Kelas yang baik tidak mesti harus sunyi, sepi, hening, dan semua terdiam memperhatikan. Justru, kelas yang baik adalah, ketika seorang guru mampu membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Suasana kelas yang hidup itu seperti, siswa aktif bertanya dan mengemukakan argumen, aktif di saat diperintahkan untuk maju mengerjakan soal, dan lain sebagainya.
Sehingga kelas akan terlihat lebih hidup dan sangat ramai. Kalau ributnya siswa dalam aktivitas belajar, ini sangat dianjurkan. Beda halnya kelas yang ribut, siswa tidak memperhatikan, siswa asyik ngobrol, dan banyak lagi kasus yang sering ditemukan oleh guru ketika berhadapan dengan siswa di dalam kelas.
Pada artikel kali ini gurukreatif.com akan membagikan tips bagaimana mencuri perhatian siswa saat mnegajar. Sehingga kelas akan lebih hidup dan siswa lebih bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Dan guru pun akan lebih mudah menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa.

Tips Mengajar Untuk Guru Pemula

Tips ini sangat cocok untuk anda yang baru terjun di dunia papan tulis, khususnya bagi teman-teman yang sedang melakukan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Jika anda seorang guru yang sudah senior tips ini mungkin tidak berlaku. Berikut tips mengajar untuk guru pemula.

1. Gunakan media untuk membantu anda dalam menjelaskan

Media merupakan salah satu alat yang mampu mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran. Penggunaan media dalam mengajar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa lebih memperhatikan guru menjelaskan. Dalam pemilihan media belajar, tidak harus mahal. Jika anda mampu mengembangkan kreatifitas anda. Anda bisa saja membuat media belajar dengan memanfaatkan peralatan yang seadanya yang tersedia di lingkungan sekitar. Misalnya jika anda menjelaskan materi IPA tentang makhluk hidup. Anda tinggal mengambil sebuah tumbuhan kecil yang ada di lingkungan sekolah, yang bisa anda jadikan sebagai media dalam mengajar. Jadi, media belajar tidak harus mahal dan sulit untuk didapatkan.

2. Gunakan spidol warna saat menjelaskan materi

Mungkin tips ini jarang dilakukan oleh guru, padahal hal sederhana ini juga bisa menarik perhatian siswa ketika guru menjelaskan materi di depan para siswa. Menggunakan spidol warna, penjelasan materi yang anda tulis di papan tulis akan terlihat menarik dan lebih berwarna. Ketimbang anda hanya menggunakan spidol dengan satu warna saja. Misalkan bisa anda kombinasikan dengan spidol warna biru, merah dan hijau, saat anda menjelaskan bagian-bagian dari resume materi pelajaran yang akan disampaikan.

3. Berikan pertanyaan sederhana yang menantang

Pertanyaan sederhana yang menantang merupakan teknik seorang guru untuk mencari perhatian siswa. Misalnya seorang guru melontarkan pertanyaan sederhana seperti, “Kenapa benda bisa tenggelam?” Nanti siswa akan menjawab dengan kompak, “Karena berat Pak guru” terus anda ajukan pertanyaan lanjutan yang bisa menantang siswa untuk berpikir, seperti : “Kalau kita bandingkan kapal laut dengan sebuah jarum, kira-kira mana yang lebih berat? Pasti kapal kan? Terus kenapa kapal tidak tenggelam sedangkan jarum yang lebih ringan bisa tenggelam?” Maka anda akan menemukan aneka jawaban dari siswa tanpa anda harus memaksa mereka untuk mengeluarkan pendapat. Karena pertanyaan sederhana yang anda ajukan mampu menarik emosional anak untuk mencoba berpendapat. Nah, itulah salah satu teknik agar siswa semakin tertarik untuk memperhatikan anda saat memjelaskan.

4. Jika siswa terlihat jenuh, buatlah hiburan agar tidak bosan

Duduk di bangku sekolah dari pagi hingga siang merupakan aktivitas yang membosankan bagi siswa, selain siswa merasa capek dan bosan saat menerima pelajaran. Apalagi berhadapan dari berbagai karakter guru yang bermacam-macam membuat siswa jenuh. Di sinilaha peran guru bagaiman seorang guru mampu memberikan hiiburan agar mereka tidak bosan. Terlebih lagi jika anda mendapatkan jam pelajaran di akhir. Maka anda dituntut untuk lebih piawai dalam mengembangkan strategi mengajar anda. Jadi, kreatifitas anda sedikit di butuhkan jika anda mendapatkan jam pelajaran di akhir, yang biasanya siswa akan lebih banyak yang ngantuk. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa saja bercerita sejenak untuk menarik minat belajar mereka. Ceritakan hal yang sederhana tapi menarik untuk didengarkan, bisa cerita lucu atau cerita apa saja yang penting enak didengarkan.
Nah, itulah tips untuk mencari perhatian siswa saat mengajar di depan kelas, semoga tips sederhana bisa bermanfaat bagi anda yang masih pemula dalam dunia pendidikan. Semoga bermanfaat.

 

Tags: Tips Mengajar

Gurukreatif.com
Penulis: 

Posting Terkait "Tips Mengajar Agar Siswa Tertarik untuk Belajar"

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disenangi Murid
Menjadi guru favorit, tentunya menjadi harapan dan
Tips Menjadi Guru untuk Pemula Agar Tidak Demam Panggung
Tips Menjadi Guru – Menjadi guru tidaklah
5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif
 Gurukreatif.com– Menjadi orang yang cerdas dan kreatif
Tips Sukses Ujian Nasional 2016 dengan Nilai Memuaskan
Masa Ujian Nasional sudah kian dekat tak

Tinggalkan pesan "Tips Mengajar Agar Siswa Tertarik untuk Belajar"