Tips Menjadi Guru untuk Pemula Agar Tidak Demam Panggung

Tips Menjadi Guru – Menjadi guru tidaklah semudah yang kita bayangkan. Mengajar di depan para siswa yang memiliki aneka karakter yang berbeda-beda membutuhkan kepiawaian seorang guru bagaimana meracik strategi mengajar yang tepat sasaran dan dari segi waktu harus efisien. Di dalam sebuah kelas guru akan menjumpai berbagai karakter di dalamnya, seperti siswa yang malas,nakal,  rajin, pandai, dan siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata dari temannya (tidak pintar).

Saat berhadapan dengan berbagai jenis karakter dan dari tingkatan sosial yang beragam, seorang guru harus mampu menjadi pioner, tidak hanya mampu mengajar tapi guru yang baik adalah guru yang peduli dengan pesertadidiknya. Sifat ini yang jarang dimiliki oleh seorang guru, mungkin sebagian kecil guru yang memberikan perhatian kepada siswanya. Karena, hampir sebagian besar guru hanya mengajar siswa di dalam kelas, padahal tugas seorang guru tidak hanya mengajar namun, bagaimana seorang guru harus mampu mendidik siswa. Seperti memperbaiki karakter siswa malas agar rajin, memberikan perhatian lebih kepada para siswa yang lambat belajar, kurang perhatian di lingkungan keluarganya, dan lain sebagainya.

Sumber gambar : alfianwidi.com

Nah, kali ini gurukreatif.com akan berbagi tentang tips menjadi guru untuk pemula. Bukan maksud kami untuk menggurui bapak/ibu guru, kami yakin bapak/ibu guru sudah ahli mengajar dan bahkan lebih senior dari kami. Mungkin informasi ini lebih tepatnya berguna bagi teman-teman mahasiswa yang sedang, atau akan mengikuti PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Kami di sini hanya berbagi sedikit pengalaman saja tentang tips menjadi guru untuk pemula. Hanya sekedar sharing kepada teman-teman guru atau teman-teman mahasiswa, semoga tips yang kami bagikan bisa bermanfaat.

Berikut tips mengajar bagi pemula atau bagi mahasiswa yang sedang PPL :

1. Berpenampilan rapi agar anda lebih pede saat mengajar

Penampilan atau gaya berpakaian seorang guru sangat penting. Kenapa? Jika anda berpenampilan seadanya maka akan mengurangi kepercayaan diri atau pede anda ketika mengajar di kelas, apalagi jika anda mengajar di jenjang yang sudah tinggi seperti SMA maka penampilan anda sangat penting, janga sampai anda di kritik oleh siswa karena siswa SMA sudah remaja. Ketika seorang guru sudah masuk di ruangan kelas, maka penampilannya akan diamati oelh siswa dari ujung kaki hingga rambut, apalagi anda seorang guru baru atau sedang PPL. Agar anda lebih pede gunakanlah pakaian terbaik anda yang membuat anda nyaman dan merasa pede ketika berhadpan dengan siswa.

2. Mempersiapkan materi ajar dengan matang

Menyiapkan materi dengan matang merupakan kunci sukses seorang guru ketika berhadapan dengan siswa di depan kelas. Jika anda pemula sekali dalam mengajar, maka menguasai materi dapat menghilangkan demam panggung anda ketika di dalam kelas. Demam panggung atau kurang pede saat mengajar biasanya timbul di saat anda tidak menguasai materi. Jangan sampai anda mati gaya di saat mengajar, apalagi jika anda masih pemula dalam mengajar. Kendala yang sering dialami oleh orang yang baru mengajar adalah sering lupa dengan apa yang akan disampaikan. Menyiapkan materi dengan matang adalah salah satu tekniknya.

Memeprsiapkan materi ini bisa dengan cara menghapalkan apa yang harus disampaikan. Tapi, alangkah baiknya anda mengerti maksud apa yang akan disampaikan agar anda lebih mudah mentransfer materi yang  anda sampaikan kepada siswa. Apa jadinya jika guru tidak paham apa yang disampaikan? Otomatis siswa pun akan sulit menerima maksud dari materi yang anda berikan.

3. Buatlah resume atau rangkuman materi yang akan anda sampaikan

Untuk mempermudah mengingat materi buatlah garis besar materi yang akan disampaikan ke dalam sebuah kertas kecil agar anda mudah mengingat ketika anda lupa tentang apa yang harus anda sampaikan. Jika anda lupa, anda tinggal membuka rangkuman tersebut.

4. Berlatih bagaimana menyampaikan materi tersebut

Berlatihlah di kamar anda, anda bisa melihat gerak dan mimik anda di depan kaca. Ini salah satu teknik agar anda mampu menyampaikan materi dengan maksimal. Bagi pemula sangat dianjurkan untuk berlatih bagaiman menyesuaikan gestur atau mimik anda. Mengajar itu butuh seni layaknya seorang pantomim yang piawai memainkan perannya. Guru juga harus mampu bermain peran layak seni teater di antas pentas. Agar materi yang anda sampaikan bisa maksimal, cara ini harus anda terapkan.

5. Sebelum memulai menjelaskan usahakan anda dalam kondisi tenang atau tidak grogi

Ini yang sering dialami bagi guru baru atau mahasiswa yang baru pertama kali PPL. Untuk menghilangkan grogi, silahkan anda duduk dengan tenang sambil mengabsen siswa jangan beranjak dari tempat duduk anda jika anda masih kurang pede untuk menjelaskan, tenangkan pikiran dan perasaan anda agar benar-benar merasa tenang. Misalkan saat anda mulain mengabsensi siswa, lakukan dengan santai sambil menanyakan profil siswa agar anda lebih akrab dengan siswa. Kalau anda sudah merasa tenang, mulailah mengajar dengan santai. Jika grogi datang atau anda mati gaya, tidak ingat apa yang akan disampaikan segeralah duduk untuk menangkan diri, sambil mengerjakan hal lain, agar anda tidak terlihat grogi, misalkan melakukan hal-hal sederhana seperti, sengaja mencari sesuatu dalam tas, seolah-olah ada sesuatu yang anda cari tapi tidak ketemu. Intinya akalu merasa grogi, duduklah hentikan aktivitas anda gar tidak terlihat grogi anda di depan siswa.
Itulah tips tentang bagaimana cara mengajar bagi pemula agar bisa terlatih untuk berhadapan dengan siswa ketika menjelaskan di depan siswa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca yang sedang mencari informasi tentang tips mengajar untuk pemula. Kami ucapkan terima kasih kepada anda yang sudah membaca artikel di gurukreatif.com. Silahkan bagikan  ke rekan anda melalui sosial media jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tags: Tips Menjaadi Guru

Gurukreatif.com
Penulis: 

Posting Terkait "Tips Menjadi Guru untuk Pemula Agar Tidak Demam Panggung"

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disenangi Murid
Menjadi guru favorit, tentunya menjadi harapan dan
Tips Mengajar Agar Siswa Tertarik untuk Belajar
Tips Mengajar untuk guru. Seorang guru tidak
5 Ciri Orang Cerdas dan Kreatif
 Gurukreatif.com– Menjadi orang yang cerdas dan kreatif
Tips Sukses Ujian Nasional 2016 dengan Nilai Memuaskan
Masa Ujian Nasional sudah kian dekat tak

Tinggalkan pesan "Tips Menjadi Guru untuk Pemula Agar Tidak Demam Panggung"