Tips Metode Belajar

5 Cara Membangkitkan Minat Anak untuk Bertanya

5 Cara Membangkitkan Minat Anak untuk Bertanya

Keaktifan siswa dalam belajar menandakan kegiatan pembelajaran yang Anda terapkan sangat menarik bagi siswa, hal tersebut adalah salah satu cara membangkitkan minat anak untuk bertanya.  

Banyaknya siswa yang bertanya saat kegiatan pembelajaran berlangsung, menunjukkan kelas Anda kelas yang aktif. Kegiatan belajar yang baik, tidak mesti harus sunyi, sepi, sehingga semua siswa memperhatikan Anda saat mengajar.

Namun, Anda jangan sampai salah. Kelas yang sunyi tanpa interaksi menunjukkan Anda telah gagal menyajikan kegiatan pembelajaran yang menarik, menantang dan menyenangkan bagi peserta didik Anda.  

Akhir tahun pelajaran adalah saatnya untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran Anda. Alangkah baiknya, dengan rendah hati dengan meminta penilaian dari para siswa-siswi tentang kegiatan belajar-mengajar yang sudah Anda terapkan.   

Banyak guru yang terkadang gengsi untuk dinilai oleh siswa. Karena mereka menganggap siswa adalah tak lebih hanya sebatas anak-anak yang tidak begitu penting dalam peningkatan kualitas mengajar, padahal mereka adalah orang yang paling penting dalam memberikan penilaian atas kualitas mengajar Anda, karena mereka lebih sering berinteraksi dengan guru di kelas.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan seorang guru agar siswanya mampu bertanya dengan membangkitkan emosional anak dalam bertanya.

Cara Membangkitkan Minat Anak untuk Bertanya

5 Cara Membangkitkan Minat Anak untuk Bertanya

1. Buatlah Suasana Belajar yang Menyenangkan  

Belajar yang menyenangkan merupakan hal terpenting dalam kegiatan mengajar. Membuat siswa merasa nyaman dalam belajar adalah hal terpenting dalam kesuksesan pembelajaran. Tentu, ini akan membuat siswa nyaman juga bertanya saat Anda menjelaskan materi yang dirasa sulit dipahami oleh siswa.  

Artikel Terkait  6 Tips Mengajar Anak di Rumah, Biar Makin Betah dan Semangat Belajar!

Pada kondisi inilah anak bisa mengungkapkan ekspresinya secara bebas, termasuk bertanya.

2. Mengenal Kepribadian Siswa

Mengenal kepribadian siswa merupakan langkah awal untuk akrab dengan siswa. Ketika siswa sudah merasa akrab tentu mereka juga nyaman dan tidak akan merasa malu dalam bertanya. Tapi, Anda perlu memperhatikan aspek keakraban terhadap siswa, jangan sampai terlalu akrab sehingga hal ini kadang mengurangi rasa hormat siswa kepada Anda. Meskipun akrab, Anda harus tetap bisa menjaga jarak hubungan antara guru dengan siswa.  

3. Buatlah Jadi Menyenangkan  

Bertanya itu menyenangkan, Anda harus mampu menanamkan hal ini pada siswa, sehingga ketika mereka bertanya, mereka melakukannya dengan senang hati tanpa paksaan, danan Anda jangan sampai lupa untuk memberikan mereka penghargaan ketika mereka berhasil mengajukan pertanyaan.  

4. Buatlah Jadi Berharga

Apapun pertanyaan siswa Anda harus menghargai mereka, bila perlu berikan sanjungan agar mereka lebih percaya diri dan merasa bangga dalam bertanya. Hargai keberanian mereka, meskipun pertanyaan yang mereka ajukan terkadang sangat konyol.  

5. Buatlah Pertanyaan Sederhana Namun Menantang

Pertanyaan sederhana yang menantang merupakan trik ampuh untuk membangkitkan emosional anak untuk bertanya dan menanggapi sebuah pertanyaan. Pancing emosional anak untuk bertanya dengan pertanyaan yang simpel yang mudah dimengerti dan menantang.   

Itulah tips untuk membangkitkan emosional anak dalam bertanya saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa bertanya menunjukkan kelas Anda aktif dan Anda sudah berhasil membangkitkan emosional anak dalam kegiatan belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda terapkan dalam kegiatan belajar di kelas.

About Author

Admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *