Metode Belajar

Bagaimana Cara Mengajari Anak agar Cepat Mengerti?

Sebagai guru maupun orang tua, pasti sedih rasanya ketika mendapati nilai anak kurang memuaskan. Memang daya tangkap setiap anak berbeda, ada yang cepat dan tentu ada yang lambat. Supaya anak cepat mengerti mengenai apa yang disampaikan, coba terapkan cara mengajari anak agar cepat mengerti berikut ini.

Cara Mengajari Anak agar Cepat Mengerti

1. Memakai mind map

Menurut Brain Management, konsep mind map ini sesuai dengan kerja alami otak dengan membuat kedua bagian otak bekerja bersamaan sehingga konsep bisa dipahami dengan lebih baik. Dengan bantuan mind map, siswa bisa melihat konsep materi secara menyeluruh dengan lebih jelas. Bukan hanya itu, mereka juga bisa melihat keterkaitan semua bab, membuat materi lebih mudah dimengerti karena adanya petunjuk visual, dan belajarpun lebih menyenangkan.

2. Mengajar dengan story telling

Vanessa Boris, seorang psikolog, berpendapat bahwa story telling bisa menciptakan hubungan antara gagasan dengan manusia. Hadirnya cerita bisa membuat konsep yang semula kompleks menjadi lebih sederhana. Selain itu, ketika Anda mengajak anak turut terlibat dengan story telling, hal itu juga bisa mengasah kepercayaan diri anak. Anda bisa menyesuaikan cara mengajar ini dengan subjek yang tengah dipelajari anak ya.

3. Menggunakan teknologi dengan maksimal

Karena anak-anak sekarang banyak yang sudah akrab dengan teknologi, maka Anda juga bisa memaksimalkan teknologi ini dalam mengajari anak. Sebagai contoh, Anda bisa mengubah teks ke bentuk gambar atau audio supaya anak tidak bosan saat belajar. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan software atau aplikasi pembelajaran tertentu untuk mendemonstrasikan konsep yang sulit.

Artikel Terkait  Begini Cara Mengajar Anak SD di Rumah

4. Belajar sambil bermain

Berbagai riset membuktikan bahwa bermain bisa menjadi salah satu cara belajar yang paling efektif. Cara belajar sambil bermain termasuk dalam experiential learning. Maksudnya, pemahaman akan sesuatu diperoleh anak melalui pengalaman dalam mengatasi masalah tertentu. Misalnya, saat mengajar tentang negara, Anda bisa mengajak anak bermain tebak bendera negara, dan sebagainya.

5. Menggunakan metode yang interaktif

Cara mengajar yang interaktif juga bisa membantu anak untuk lebih cepat mengerti. Supaya lebih interaktif, Anda dapat mengawali pelajaran dengan menceritakan fakta atau hal menarik terkait materi hari itu. Pancing siswa agar bertanya-tanya, sehingga ketika nanti berhasil menjawab pertanyaan itu, konsep dari subjek yang diajarkan bisa lebih dimengerti.

6. Menampilkan materi dalam format lain

Sebagai pembaruan, Anda bisa menampilkan materi dalam format lain, misalnya animasi atau video. Agar pembelajaran berjalan efektif, animasi atau video tadi berisi mengenai poin-poin penting pelajaran Anda hari itu. Karena saat ini sudah ada banyak software untuk membuat power point, Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk menampilkan berbagai hal menarik untuk proses belajar.

7. Mendatangi anak satu persatu

Supaya anak merasa lebih diperhatikan, Anda bisa mendatangi mereka untuk menanyakan kesulitan yang dialami. Terlebih lagi jika yang diajarkan merupakan konsep yang rumit. Dengan menghampiri anak secara personal, Anda bisa memberikan pemahaman kepada anak secara lebih mendalam.

8. Sesekali melakukan field trip

Field trip juga termasuk salah satu bentuk experiential learning yang disukai oleh anak. Kegiatan field trip ini memiliki banyak manfaat, seperti anak merasa lebih bahagia, bisa memutuskan apa yang akan dipelajari, dan cara untuk mempelajarinya. Dengan melakukan kegiatan field trip, anak akan memperoleh pelajaran yang lebih holistik dari interaksi langsung.

Artikel Terkait  5 Cara Membangkitkan Minat Anak untuk Bertanya

Berbagai cara di atas bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Yang terpenting sebelum menerapkan semuanya, Anda sudah memahami tipe dan minat belajar anak. Setelah Anda mengetahuinya, Anda tinggal menyesuaikan cara mengajari anak dengan tipe dan minat belajarnya.

About Author

Admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *