Metode Belajar

8 Cara Mengajari Anak TK di Rumah yang Menyenangkan

Ketika seorang anak tengah mempelajari sesuatu, mereka cenderung memiliki cara yang berbeda dari orang dewasa. Kalau cara mengajarnya tidak menyenangkan, maka anak akan cepat bosan dan sulit memahami subjek yang diajarkan. Supaya bisa menciptakan pembelajaran menyenangkan di rumah, Anda bisa membaca artikel berikut ini.

Beragam Cara Mengajari Anak TK di Rumah yang Menyenangkan

1. Menggunakan Kata-kata Sederhana

Seorang anak pada usia TK belum memiliki banyak perbendaharaan kata. Untuk itu diperlukan penggunaan kata-kata sederhana ketika mengajarinya sesuatu supaya ia mudah memahaminya.

Kalau mau memberikan perintah, sampaikan perintah itu dengan kata-kata yang sederhana juga dan secara perlahan. Tidak perlu terlalu cepat, karena justur bisa menimbulkan kebingungan pada anak.

2. Belajar Sambil Bernyanyi

Salah satu hal sederhana yang bisa merangsang minat anak adalah bernyanyi. Melalui nyanyian, akan tercipta suasana belajar yang lebih menyenangkan. Kalau hati anak gembira, maka ia akan lebih mudah untuk memahami apa yang diajarkan.

Anda bisa memakai lagu yang sudah ada, atau membuat lagu sendiri untuk mengajari anak beberapa hal, seperti nama hari, nama bulan, angka, dan abjad.

3. Tidak Terlalu Membatasi Waktu Bermainnya

Meski anak sudah mulai memasuki usia sekolah, Anda sebaiknya tidak terlalu membatasi waktu untuknya bermain. Setelah selesai belajar, biarkan anak memainkan apa yang diinginkan.

Bermain tidak selalu berefek buruk, bahkan bermain bisa meningkatkan kreativitas, serta melatih kemampuan anak. Bahkan bermain juga bisa meningkatkan minat anak terhadap suatu hal. 

Artikel Terkait  Model Ulangan Harian Kreatif "Boleh Pakai Otak atau Otot"

4. Menggunakan Metode Belajar yang Seru

Karena dunia anak usia TK masihlah dunia bermain, maka pembelajaran sebaiknya juga tidak terlalu serius. Supaya anak betah belajar, Anda bisa mengajaknya belajar sambil menggambar, mewarnai, melipat kertas, menyanyi, dan lainnya.

Anda juga bisa membawa media belajar yang beraneka warna dan bentuk, sekaligus mengenalkan jenis-jenis warna dan ragam bentuk pada anak. 

5. Mengajak Belajar di Luar

Belajar tidak harus melulu di luar ruangan. Untuk menyegarkan pikiran, Anda juga bisa mengajaknya untuk belajar di luar ruangan, misalnya di taman yang ramah anak. Terlebih anak-anak cenderung menyukai tempat terbuka.

Selain sebagai cara agar ia tidak bosan, belajar di luar ruangan sekaligus untuk mengajak anak lebih mengeksplor lingkungan sekitar. 

6. Menciptakan Permainan

Cara lain untuk mengajar anak TK adalah dengan menciptakan permainan yang edukatif. Contohnya ketika belajar mengenai beragam hewan, Anda bisa menggunkan cara bermain tebak suara hewan.

Dengan demikian, anak tidak akan merasa bosan sehingga lebih mudah memahami apa yang disampaikan.

7. Melatih Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri sangat penting dilatih sejak dini, terutama jika anak Anda merupakan seorang yang pemalu. Salah satu cara sederhana untuk hal tersebut adalah mengajaknya turut serta membantu pekerjaan rumah ringan, seperti menyiram tanaman atau membereskan barang.

Saat anak dilibatkan membantu Anda, meski hal sederhana, itu akan meningkatkan rasa percaya dirinya dalam melakukan sesuatu. Mungkin ia belum bisa melakukan dengan baik, namun kepercayaan yang Anda berikan itu bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri pada anak. 

8. Memberikan Apresiasi 

Jangankan anak, orang dewasa saja suka jika diberi apresiasi. Setiap anak tentunya pasti akan suka ketika Anda memberinya apresiasi, sekecil apapun itu. Setiap kali ia berhasil menyelesaikan belajarnya dengan baik, berilah apresiasi padanya.

Artikel Terkait  Begini Cara Mengajar Anak SD di Rumah

Apresiasi itu tidak harus selalu benda, tapi bisa berupa makanan enak, atau pujian. Dengan apresiasi tersebut, anak akan semakin bahagia dan semangat belajarnya meningkat.

Karena daya tangkap setiap anak tidaklah sama, maka Anda tentu harus bersabar dalam megajarinya. Semoga saat-saat belajar dengan anak semakin menyenangkan dengan menerapkan berbagai cara belajar di atas ya.

About Author

Admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *