KI dan KD SMA

Daftar KI dan KD TIK Kelas 12 Kurikulum 2013

Daftar KI dan KD TIK Kelas 12 Kurikulum 2013

Bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA. Pada halaman ini sudah merangkum daftar KI dan KD TIK Kelas 12 Kurikulum 2013 resmi terbitan dari Kemdikbud RI. Semoga bisa bermanfaat sebagai bahan dalam menyusun materi belajar, perangkat pembelajaran, dan menyusun kisi – kisi soal.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

 Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,

“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,

“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Daftar KI dan KD TIK Kelas 12 Kurikulum 2013

Daftar KI dan KD TIK Kelas 12 Kurikulum 2013

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan)Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan)
Algoritma dan Pemrograman
3.1 Mengetahui kualitas program/source code dari kriteria yang diberikan (readability. Robustness, performance).4.1 Melakukan modifikasi program tanpa mengubah struktur dan menyebabkan masalah.
3.2 Memahami test case dan tata cara pengujian program.4.2 Bekerja dalam tim untuk mengembangkan dan menguji program.
Dampak Sosial Informatika
3.3 Mengetahui dan memahami aspek legal dari TIK seperti : privacy, data, property, information, identity serta dampaknya.4.3 Menjelaskan aspek legal dari TIK.
3.4 Mengetahui ada berbagai hukum dan etik internasional yang dapat mempengaruhi aspek legal perangkat lunak.4.4 Menjelaskan berbagai hukum dan etik internasional terkait aspek legal perangkat TIK.
3.5 Mengetahui manfaat kemampuan TIK dan Informatika dalam berbagai bidang pekerjaan.4.5 Menjelaskan manfaat kemampuan TIK dan Informatika dalam peningkatan karir dalam berbagai bidang pekerjaan.
Berpikir Komputasional (Tematis)
3.6 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan lebih kompleks, membutuhkan dekomposisi lebih rumit, dengan abstraksi lebih formal, data banyak, dan menuliskan solusi algoritmik4.6 Memecahkan persoalan kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta solusi algoritmiknya.
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.7 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek4.7.1 Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
4.7.2 Mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing khususnya dalam file sharing.
4.7.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
4.7.4 Mengembangkan dan menggunakan abstraksi. 4.7.5 Melakukan tailoring/aplikasi (aplikasi khusus): membuat karya teknologi untuk memecahkan persoalan.
4.7.6 Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK atau informatika).
4.7.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan terkait daftar KI dan KD pada mata pelajaran TIK untuk kelas 12, semoga bermanfaat untuk bapak dan ibu guru sekalian. Terima kasih

Artikel Terkait  Daftar KI dan KD TIK Kelas 10 Kurikulum 2013
About Author

Admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *