Download Materi MPLS Kurikulum Merdeka Tahun 2022/2023

Materi MPLS Terbaru Untuk Guru Kurikulum Merdeka | Banyak sekolah sekarang menggunakan kurikulum yang juga dikenal dengan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2022.

Program Studi Mandiri merupakan program studi akhir. Penggantian Silabus 2013. Sekolah diharapkan mengejar ketertinggalan pendidikan dengan memilih antara kurikulum lama dan kurikulum baru (kurikulum mandiri).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan baik itu sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK.

Tujuan kegiatan MPLS ialah untuk memperkenalkan kepada siswa baru tentang semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut tidak hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

Bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka maka dalam pelaksanaan MPLS tentunya akan ada beberapa materi yang nantinya akan di berikan atau di pelajari oleh peserta didik baru.

Sebagai panitia MPLS tentunya telah memilih beberapa guru atau dalam hal ini nara sumber yang nantinya akan memberikan materi MPLS sesuai jadwal yang telah di tetapkan oleh masing-masing sekolah.

Kegiatan MPLS dan juga pemberian materi MPLS dapat di lakukan secara daring maupun secara tatap muka di sesuiakan dengan kondisi dan keadaan yang ada di tempat/sekolah masing-masing. Keputusan pelaksanaan MPLS secara daring ataupun luring ditentukan oleh Pemerintah Daerah.

Sebagai informasi bahwa Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan selama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran, di hari sekolah dan di jam pelajaran. Penyelenggara teknis kegiatan MPLS adalah Guru, dibantu oleh siswa (Pengrus OSIS).

Artikel Terkait  5 Media Pembelajaran Kreatif yang Bisa Dicoba

Bagi sekolah yang melaksanakan kegiatan MPLS namun ternyata belum memiliki persiapan berupa materi MPLS untuk sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka atau untuk sekolah penggerak, maka melalui postingan ini admin akan membagikan beberapa file materi MPLS yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam pemberian materi saat pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolah masing-masing.

Materi MPLS Kurikulum Merdeka Tahun 2022/2023

Di kutip dari buku saku pelaksanaan MPLS untuk sekolah pengguna kurikulum merdeka mauapun sekolah penggerak, ada beberapa materi yang harus di berikan kepada calon peserta didik baru saat kegiatan MPLS diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Wawasan Wiyata Mandala;
  2. Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain;
  3. Pendidikan Karakter;
  4. Cara Belajar Efektif;
  5. Pengenalan Budaya Lokal.

Bagi anda yang merupakan panitia MPLS dan sedang membutuhkan materi MPLS sesuai jenis materi diatas maka bisa memiliki filenya secara gratis melalui postingan ini.

Baiklah berikut ini materi MPLS untuk sekolah pengguna kurikulum merdeka maupun untuk sekolah penggerak yang bisa anda miliki filenya di bawah ini :

NoMateri MPLSFile PDF
1Wawasan Wiyata MandalaDownload
2Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra-kurikuler, seperti OSISDownload
3Kegiatan Ekstra kurikuler, seperti Kepramukaan, UKS,Seni, Olahraga, dan lain-lain Download
4Pendidikan KarakterDownload
5Cara Belajar EfektifDownload
6Pengenalan Budaya Lokal Download

Dalam pelaksanaan MPLS selain di berikan edukasi berupa materi MPLS kepada para siswa baru, maka panitia MPLS juga harus memahami tentang aturan dan larangan yang tidak boleh di lakukan pada saat kegiatan MPLS.

Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini khususnya dalam hal yang ada hubungannya dengan kegiatan MPLS, semoga apa yang bisa di bagikan melalui postingan ini bisa bermanfaat bagi panitia MPLS yang sedang bekerja dan sedang membutuhkannya.

Tinggalkan komentar