Cara Membuat Media Pembelajaran yang Menarik

rangkuman

Sebagai guru, terkadang ada kesulitan yang ditemui untuk menyiapkan media pembelajaran bagi siswa. Padahal siswa mudah bosan, dan dibutuhkan media pembelajaran menarik untuk membuatnya kembali. Terlebih di masa sekarang, di mana anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk guru. Melalui tulisan ini, yuk coba membuat media pembelajaran yang menarik.

Menggunakan Canva untuk Pendidikan

Desain grafis bisa menjadi salah satu media pembelajaran menarik untuk anak-anak, terlebih jika mereka turut terlibat dalam pembuatannya. Untuk melaksanakan hal tersebut, Anda bisa mengajak siswa untuk tergabung dalam pembuatan project dengan Canva untuk Pendidikan. Selain anak-anak bisa menciptakan sebuah karya, mereka sekaligus belajar mengasah keterampilan komunikasi visual.

Canva sendiri memiliki pilihan jutaan gambar, puluhan ribu lebih template, ratusan ribu lebih ilustrasi, hingga ratusan jenis huruf. Untuk bergabung dengan Canva untuk pendidikan juga mudah. Anda tinggal mendaftarkan sekolah, kemudian Anda dan siswa akan bisa mengakses semua fitur dari Canva. Langkah-langkah untuk mendaftarkan sekolah ke Canva untuk pendidikan adalah: 

  • Mengakses situs Canva untuk pendidikan
  • Mengisi formulir mengajar yang ada di sana
  • Setelah pengisian data lengkap, Canva akan melakukan verifikasi
  • Cek email konfirmasi dan ikuti instruksi di sana

Setelah semua proses itu selesai, Anda bisa melibatkan seluruh kelas untuk menggunakan Canva untuk Pendidikan. Lalu apa saja hal-hal yang menjadi keunggulan dari Canva untuk Pendidikan ini? Berikut ini beberapa keunggulan dari Canva untuk Pendidikan.

Artikel Terkait  Miniatur Planet Sebagai Media Belajar Sistem Tata Surya

1. Mengajarkan wirausaha

Untuk siswa yang gemar bewirausaha, platform ini akan sangat bermanfaat. Terdapat sebuah testimoni dari sebuah sekolah di San Fransisco, bahwa Canva bisa turut membantu siswa kelas 12 untuk mengembangkan peluang wirausaha. Melalui Canva, siswa bisa mempelajari desain grafis dengan mudah yang sekaligus membantu mereka mengembangkan ide baru. Selain itu, siswa bisa saling berbagi ide kreatif dan berkolaborasi satu sama lain.

2. Meningkatkan keterampilan literasi visual

Di era yang serba digital saat ini, memiliki keterampilan desain grafis memang menjadi sebuah nilai plus. Bagaimanapun, semua konten yang Anda temui di media sosial atau lainnya memerlukan desain yang menarik untuk lebih banyak meraih engagement. Dengan memanfaatkan layanan Canva untuk pendidikan, siswa bisa mempelajari dasar desain grafis dengan mudah. Mulai dari tata letak, pemilihan warna, penggunaan huruf, hingga memaksimalkan bentuk dalam desain.

Membuat Video Pembelajaran yang Menarik

Selain menggunakan desain grafis, pembuatan media pembelajaran yang menarik juga bisa diberikan melalui video pembelajaran. Kalau Anda ingin mencoba membuat video tersebut, setidaknya Anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut.

1. Menyiapkan konsep video dengan matang

Supaya video Anda lebih terarah, sebaiknya Anda siapkan dulu konsep video dengan matang sebelum membuatnya. Konsep yang matang bahkan bisa menjadi penentu keberhasilan video yang akan Anda buat. Tanpa konsep yang baik, materi yang hendak Anda sampaikan bisa saja tidak tersampaikan dengan baik.

2. Mempelajari keterampilan mengedit video

Dibandingkan pengeditan gambar, pengeditan video memang lebih sulit. Dibutuhkan dedikasi dan kesabaran tinggi ketika melakukannya. Sebenarnya ada banyak software atau aplikasi untuk mengedit video, salah satu yang paling terkenal adalah Adobe Premiere CS6. Sebelum melakukan proses edit, Anda bisa mempelajari berbagai software edit video itu terlebih dahulu.

Artikel Terkait  5 Media Pembelajaran Kreatif yang Bisa Dicoba

3. Mencari referensi

Kalau Anda tidak sempat membuat  video sendiri, Anda bisa mencoba menyematkan beberapa video yang sudah ada. Contohnya, menampilkan percobaan tertentu ke dalam slide presentasi Anda. Ketika pelajaran sejarah pada bab tertentu, Anda mungkin bisa mencari referensi film dokumenternya, kemudian mengajak siswa untuk menonton bersama.

4. Melakukan evaluasi dari video yang dibuat

Sebelum disampaikan ke siswa, lakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap video yang baru Anda buat. Cek apa saja yang masih kurang dan perlu ditambahkan. Setelah berbagai tahap itu selesai, Anda bisa menyampaikan video itu pada siswa Anda. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar