Media Belajar SD – Meski media belajar memiliki efek positif untuk proses belajar mengajar, sayangnya hal ini seringkali diabaikan. Beberapa hal yang menjadi kendala, seperti terbatasnya waktu persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, hingga keterbatasan biaya. Kalau Anda seorang guru SD, mungkin ulasan berikut bisa menjadi contoh media pembelajaran untuk SD. Ada apa saja ya?

Contoh Media Belajar SD yang Menarik dan Kreatif

1. Media gambar

Media gambar menjadi media yang terbilang paling murah dan mudah dicari. Gambar yang bisa Anda tampilkan untuk mendukung pembelajaran, seperti foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Media gambar ini memiliki tujuan utama untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada siswa, terlebih jika konsepnya abstrak.

Gambar itu juga bisa berupa gambar jadi, seperti gambar dari majalah, brosur, selebaran, koran, atau internet. Anda juga bisa memberikan gambar fotografi yang diambil dari berbagai sumber. Namun sebelum mengambil gambar tersebut, perlu diperhatikan hal-hal berikut.

  • Gambarnya memadai dan berkualitas baik
  • Berukuran cukup besar dan bisa jelas ketika diamati oleh siswa
  • Bukan merupakan gambar bohong
  • Menarik perhatian dari anak

2. Media peta dan globe

Dulu, Anda mungkin akan merasa penasaran ketika dulu guru membawakan peta atau globe ke dalam kelas. Begitu juga dengan siswa Anda. Meski saat ini mereka bisa mengakses sendiri peta dan globe itu melalui internet, namun akan beda rasanya jika dibawakan guru. Terlebih lagi peta dan globe menyajikan data lengkap terkait permukaan bumi, Anda bisa bermain game bersama siswa, misalnya menebak lokasi suatu negara di peta.

Artikel Terkait  Media Belajar Kreatif Materi Pewarisan Sifat

Peta dan globe juga memiliki kelebihan lainnya, antara lain:

  • Bisa untuk mengajarkan siswa terkait posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain.
  • Merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap penduduk dan pengaruh geografis.
  • Memberikan gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, kehidupan hewan, hingga bentuk bumi yang sebenarnya.

3. Media grafik

Anda juga bisa menggunakan grafik sebagai media pembelajaran, terutama saat pelajaran matematika. Fungsi grafik sendiri sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan sesuatu. Beberapa macam grafik yang dikenal, antara lain grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, hingga grafik gambar.

Untuk grafik lingkaran biasanya menjadi penggambaran informasi mengenai porsi data tertentu. Kalau grafik gambar biasanya menjadi pilihan lain, selain grafik batang untuk melukiskan nilai. Jangan lupa cantumkan keterangan lengkap agar siswa tidak kebingungan.

4. Media papan tulis

Media pembelajaran satu ini sangat mudah diperoleh, dan bahkan pasti ada di setiap ruang kelas. Jika digunakan dengan optimal, papan tulis akan menjadi media pembelajaran yang sangat membantu dalam proses belajar.

Namun kalau Anda mau lebih bereksplorasi lagi dengan papan tulis, Anda bisa menjadikannya sebagai papan flannel. Sesuai dengan namanya, papan tersebut berlapis kain flannel, dapat dilipat, dan praktis. Di papan tersebut, Anda maupun siswa bisa memasang dan melepas gambar dengan mudah. 

5. Media relia dan poster

Media pembelajaran yang termasuk relia adalah benda nyata. Media tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, namun Anda bisa langsung mengajak siswa untuk mengamatinya. Melakukan praktikum di laboratorium juga termasuk dalam media pembelajaran relia ini.

Untuk subjek tertentu, Anda juga bisa menggunakan poster. Tampilkan poster yang menarik, dinamis, namun tetap berkualitas. Sebaiknya tingkat kerumitan poster juga disesuaian dengan kelas siswa. Poster yang ditampilkan untuk siswa kelas 6 SD tentunya memiliki kerumitan berbeda dibandingkan dengan poster untuk siswa kelas di bawahnya.

Artikel Terkait  Contoh Media Belajar Online untuk Mendukung Pembelajaran Daring

6. Media herbarium

Satu lagi media pembelajaran yang dapat Anda manfaatkan untuk siswa SD, yakni herbarium. Herbarium merupakan contoh tumbuhan yang telah dikeringkan dan direkatkan pada kertas, lengkap dengan keterangan tertentu. Dalam pelajaran biologi, khususnya, media pembelajaran satu ini tentu bisa membantu siswa dalam memahami yang tengah ia pelajari. 

Itulah berbagai contoh media pembelajaran untuk anak SD yang bisa Anda pilih. Selain keenam media di atas, Anda juga masih bisa memilih media yang lain kok. Sesuaikan saja media pembelajaran itu dengan kebutuhan pelajaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Contoh Media Belajar Online untuk Mendukung Pembelajaran Daring

Perkembangan teknologi memang telah banyak membawa perubahan di banyak sektor, tidak terke…